Jenis-jenis Lensa Kacamata

lensa1Lensa Tunggal (Single Vision Lenses)

Lensa Tunggal hanya terdiri dari satu ukuran, baik untuk jarak jauh, menengah (komputer), atau dekat. Bahannya terdiri dari kaca, plastik, atau polikarbon.

Lensa Bifokal (Bifocal Lenses)

Lensa Bifokal terdiri dari 2 ukuran sehingga bisa memberikan pandangan yang baik untuk jarak jauh dan jarak dekat.

Lensa Bifokal menyediakan bagian lensa untuk membaca dengan berbagai bentuk dan lebar. Yang paling populer adalah Flat Top dengan lebar sekitar 28 mm.

Lensa Progresif (Progressive Lenses)

Lensa progresif memberikan perubahan yang tidak terlihat antara jarak jauh, menengah, dan jarak dekat. Jadi jika dengan bifokal anda hanya punya 2 ukuran untuk jarak jauh dan jarak dekat, dengan progresif semua ukuran termasuk jarak menengah sudah termasuk dengan perubahan ukuran yang bertahap. Ini selain memberikan pandangan lebih baik, juga orang tidak tahu kalau anda juga mengenakan lensa untuk membaca.

Lensa Transition (Transition Lenses)

Ini adalah lensa yang bisa berubah warna. Jika dalam ruangan, warnanya menjadi bening persis kacamata baca. Tapi jika di luar ruangan, apalagi dengan sinar matahari yang cerah, warnanya akan berubah jadi gelap seperti Sunglasses sehingga memberikan perlindungan mata anda dari sinar Ultra Violet. Pilihan warna bermacam-macam dari abu-abu, coklat, hijau, dan sebagainya.

Jika anda ingin tahu cara kerja lensa transisi yang berubah warna serta efeknya pada penglihatan anda, silahkan klik:

http://asia.transitions.com/aboutlenses/demo.htm

Bahan dan Pelapis (Materials and Coating) yang diperlukan pengguna

Perlindungan, transparansi, kenyamanan dan penampilan: Lensa Ophthalmik merupakan produk canggih yang menggabung berbagai bahan dengan lapisan yang memiliki fungsi tertentu seperti: Photochromic, Anti-Reflective (Tidak Digital Surfacingmemantulkan cahaya), Scratch Proof (Tahan Gores), Anti Smudge (tidak mudah kotor).

Kualitas lensa sangat bervariasi. Produsen lensa ternama seperti Essilor, Nikon, dan Transitions menggunakan teknologi Digital Surfacing sehingga menghasilkan lensa dengan presisi dan kualitas yang tidak tertandingi.

Referensi:

http://www.essilor.com