Cara Mengobati Penyakit Katarak Penyebab Kebutaan Nomor Satu di Indonesia

KATARAKKatarak (Cataract) adalah penyakit mata penyebab kebutaan nomor satu di Indonesia. Gejalanya lensa mata seperti berselaput, berawan, atau keruh sehingga sinar tidak bisa masuk dan penglihatan menjadi kabur.

Jika tidak ditangani dengan cepat, Katarak bisa menyebabkan kebutaan.

Katarak disebabkan berbagai hal seperti paparan mata yang lama terhadap sinar matahari/ultravioloet atau sumber radiasi lainnya. Kemudian penyakit seperti diabetes, darah tinggi, usia tua, atau trauma fisik juga bisa menyebabkan katarak. Faktor keturunan/genetik juga mempengaruhi penyakit katarak pada usia lebih dini.

Untuk mengatasi penyakit Katarak biasanya dilakukan operasi Katarak. Di Indonesia, Perdami dan Yayasan Dharmais dengan unit mobil sering melakukan operasi katarak untuk rakyat. Jika anda punya cukup uang, anda juga bisa ke Rumah sakit seperti RS Mata Aini untuk operasi katarak.

Ada pun untuk mencegah Katarak (meski belum ada penelitian ilmiyah untuk mengetahui efektivitasnya) bisa dilakukan beberapa hal seperti memakan makanan yang baik untuk mata (Mengandung Beta Carotene atau Anti Oksidan), menghindari paparan sinar matahari/radiasi dengan menggunakan kacamata dengan lensa yang bisa mengurangi sinar UV/radiasi yang masuk. Selain itu sering mengejapkan mata, apalagi jika ada air matanya (selama air mata bahagia yang tidak membuat anda stress) bisa membantu membersihkan mata anda. Penggunaan obat tetes mata yang baik juga bisa dipakai untuk membersihkan mata.

http://id.wikipedia.org/wiki/Kebutaan

http://en.wikipedia.org/wiki/Cataract